10 Air Terjun Populer di Indonesia

Kamis, 15 Maret 2018 - 07:30 WIB
10 Air Terjun Populer di Indonesia
10 Air Terjun Populer di Indonesia
A A A
SALAH satu destinasi wisata yang banyak membetot perhatian para penyuka travelling adalah wisata air terjun. Bukan hanya keindahannya saja yang diburu namun lebih dari itu fenomena air terjun disebut-sebut merupakan salah satu keajaiban alam. Berikut ini 10 air terjun terpopuler di Indonesia:

1. Madakaripura (Probolinggo)
10 Air Terjun Populer di Indonesia

Madakaripura merupakan salah satu air terjun terindah, tertinggi sekaligus paling sakral di Indonesia. Air terjun dengan ketinggian 200 meter ini berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo dan menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

2. Sigura Gura (Toba)
10 Air Terjun Populer di Indonesia

Air terjun yang berada di Kabupaten Toba, Sumatera Utara memiliki ketinggian mencapai 250 meter. Sigura gura mengalahkan air terjun Madakaripura yang sebelumnya paling tinggi yaitu 200 meter. Sumber air sigura gura berasal dari air Danau Toba, yang mengalir melalui sungai Asahan.

3. Dua Warna (Deliserdang)
10 Air Terjun Populer di Indonesia

Wisata air ini terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Untuk mencapai air terjun dua warna, dibutuhkan perjuangan yang cukup keras karena pengunjung harus berjalan menembus hutan yang rimbun sebelum mencapai lokasi air terjun. Medan perjalanannya pun cukup menyulitkan, mulai dari tanjakan, turunan, hingga jurang yang akan menguras stamina.

4. Grojogan Sewu (Karanganyar)
10 Air Terjun Populer di Indonesia

Grojogan Sewu merupakan bagian dari kawasan hutan yang letaknya berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya berada sekitar 27 kilometer sebelah timur dari Kota Karanganyar. Ada dua kategori aliran di Grojogan Sewu, pertama aliran induk dengan ketinggian 80 meter dan aliran yang cukup rendah namun memiliki ciri khas pancuran meluas dan memiliki cabang-cabang.

5. Saluopa (Poso)
10 Air Terjun Populer di Indonesia

Saluopa terletak di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Lokasinya kurang lebih berjarak sekitar 12 km sebelah barat kota Tentena. Wisata air ini memiliki ketinggian 25 meter ini bersumber dari mata air yang mengalir dari puncak gunung lalu melewati batuan gunung sebanyak 12 tingkatan.

6. Mursala (Tapanuli Tengah)
10 Air Terjun Populer di Indonesia

Terletak di Pulau Mursala di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Dengan ketinggian sekitar 35 meter, air yang mengalir pada bebatuan granit berwarna hitam kemerahan lalu jatuh mengalir disela-sela tebing ke permukaan Samudra Hindia.

7. Sendang Gile (Lombok Utara)
10 Air Terjun Populer di Indonesia

Berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sendang gile masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Memiliki tinggi sekitar 31 meter dengan dua tingkatan, dimana tingkat pertama muncul di atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya, sedangkan pada tingkatan kedua, air meluncur jatuh membentuk kolam di bawahnya.

8. Benang Kelambu (Lombok Tengah)
10 Air Terjun Populer di Indonesia

Terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Benang Kelambu termasuk salah satu air terjun populer di Indonesia. Uniknya sumber airnya berasal dari air terjun lain di atasnya yakni Benang Stokel.

9. Sri Gethuk (Gunungkidul)
10 Air Terjun Populer di Indonesia

Sri Gethuk merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia, terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY. Air terjun Sri Gethuk ini berada di tepi Sungai Oyo dan memiliki tiga sumber mata air yakni Kedung Poh, Ngandong, dan Ngumbul.

10. Tumpak Sewu (Lumajang)
10 Air Terjun Populer di Indonesia

Perawan, dan tersembunyi, mungkin dua kata ini tepat untuk menggambarkan air terjun Tumpak Sewu atau coban sewu di Lumajang, Jawa Timur ini. Wisata air ini terbilang baru karena sebelumnya masyarakat setempat menyembunyikan keberadaanya dengan alasan menghindari kerusakan alam.

Air terjun tertinggi





Nama
Tinggi
Air terjun Sigura-gura (Toba)250 meter
Air terjun Madakaripura (Probolinggo)200 meter
Air terjun Nokan Nayan (Kalimantan)180 meter
Air terjun Payakumbuh (Bukittinggi)150 meter
Air terjun Sipiso-piso (Kabanjahe)120 meter
Air terjun Tumpak Sewu (Lumajang)120 meter
Air terjun Jarakan (Magetan)115 meter
Air terjun Sedudo (Nganjuk)105 meter


(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3447 seconds (0.1#10.140)